ORMAS DI CEGAL POLRI SATPOL PP BERTINDAK



- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menaruh perhatian atas kasus ibu penjual makanan warung Tegal (Warteg) yang dirazia dan dagangannya diambil paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang. Lukman mengimbau sebaiknya Satpol PP bisa bertindak manusiawi dalam menegakkan aturan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, di bulan suci Ramadan ini sebaiknya rasa toleransi antar sesama masyarakat harus semakin tinggi. Antara yang berpuasa dan tidak harus bisa saling menghormati.

"Intinya adalah saling menghargai. Jadi prinsip kita tetap menjaga kerukunan itu adalah saling bertoleransi. Toleransi itu adalah kemampuan untuk menghargai, menghormati pihak yang berbeda dengan kita. Jadi tentu yang tidak berpuasa menghormati yang berpuasa, yang berpuasa pun menghormati sesama saudaranya yang karena satu dan lain hal tidak sedang menjalankan puasa. Jadi prinsipnya itu," ujar Lukman Hakim saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2016).

Lukman menegaskan, tidak perlu ada saling mempertentangkan soal ibadah puasa antara sesama warga. Seharusnya, bulan Ramadan dijadikan waktu yang tepat untuk lebih memperkuat hubungan antar sesama dengan sikap saling menghargai.

"Karena semua ini adalah sama-sama saudara sebangsa. Jadi saya ingin justru di bulan Ramadan di bulan yang suci inilah kita memperkuat, mempererat toleransi kita, ukhuwah, tidak hanya Islamiyah, tapi juga wathoniyah saudara sebangsa," katanya.

Terkait dengan kasus razia yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Serang, Lukman mengatakan hal itu harus dijadikan pelajaran untuk bertindak ke depan. Dia mengimbau sebaiknya Satpol PP atau aparat penegak hukum lainnya bisa bersikap lebih manusiawi dalam menegakkan aturan.

"Kita tarik pelajaran penting bagi kita agar ke depan bagaimana upaya aparat penegak hukum lebih persuasif dalam menegakkan hukum. Kita juga berharap mudah-mudahan cara-caranya lebih manusiawi, sehingga tidak menimbulkan kontroversi di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Lukman pun tak ingin kejadian seperti ini terulang lagi. Terlebih kasus ini menyita banyak perhatian masyarakat.

"Jadi semangatnya adalah, masing-masing kita saling menghargai. Karena di bulan suci Ramadan ini banyak sekali, karena umat muslim adalah mayoritas di negara ini, tentu kita harus hormati suasana Ramadan, kekhidmatan Ramadan. Tapi juga masyarakat muslim yang sedang menjalani puasa pun sebaiknya menghargai, menghormati kalau ada sesama saudaranya yang sedang tidak berpuasa," jelasnya.

source : detiknews
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment